Artikel

Akhirnya Vaksin Tiba di Indonesia!

Akhirnya Vaksin Tiba di Indonesia!

Saturday, 02 January 2021 21:45
vaksin covid-19  Presiden Jokowi  Sinovac  

Hari minggu kemarin, yang kita semua tunggu akhirnya tiba di Tanah Air! Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac tiba di Indonesia. Presiden Jokowi menyebut kedepannya masih ada lagi jutaan dosis vaksin yang akan didatangkan dalam bentuk jadi maupun bahan baku.

Presiden Jokowi juga mengatakan program vaksinasi untuk mencegah wabah Covid-19 dapat segera dilakukan. Hanya saja kapan dimulainya masih menunggu proses izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).Vaksin yang dikemas dalam kontainer berpendingin tersebut diangkut menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Beijing, China.

Vaksin ini disebut dengan nama CoronaVac dan diproduksi oleh perusahaan bioteknologi asal China, yang bermarkas di Beijing, Sinovac Biotech Ltd. Perusahaan yang satu ini memang fokus pada bidang riset, pengembangan, pembuatan hingga komersialisasi vaksin-vaksin untuk mencegah terjadinya penularan penyakit pada manusia.

Apa itu vaksin Sinovac? Vaksin Sinovac adalah vaksin berjenis inactivated vaccine. Secara singkat inactivated vaccine adalah vaksin menggunakan versi lemah atau inaktivasi dari virus untuk memancing respons imun.

Dilansir dari newsinteractives, inactivated vaccine memerlukan beberapa dosis dari waktu ke waktu untuk mendapatkan imunitas berkelanjutan terhadap penyakit. Melalui uji klinis yang telah dilakukan di sejumlah negara, CoronaVac yang dibuat dari virus Sars-CoV-2 nonaktif ini bekerja dengan cara memicu respons kekebalan tubuh dengan cepat. Namun demikian, mengutip Kontan, antibodi yang dihasilkan oleh vaksin ini di dalam tubuh tidak lebih banyak dari antibodi yang berhasil terbentuk pada orang yang telah pulih dari Covid-19.

Berdasarkan publikasi Sinovac terkait dengan hasil uji klinis mereka. Meski tidak sebanyak itu, akan tetapi antibodi yang dihasilkan dengan vaksinasi menggunakan vaksin ini disebut sudah cukup, berdasarkan studi praklinis yang dilakukan terhadap kera.

Pemerintah Masih Upayakan Untuk Mendatangkan Lebih Banyak Dosis Vaksin

Jokowi mengungkapkan pemerintah juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba tahun depan.

Dilansir di laman cnbcindonesia.com, Presiden juga mengatakan selain vaksin dalam bentuk jadi, akan juga tiba 45 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan meski vaksin sudah datang dan berada di Indonesia, pelaksanaan vaksinasi masih harus melalui tahapan evaluasi dari Badan POM guna memastikan aspek mutu dan efektivitas dan fatwa MUI untuk aspek halal.

Kepala BPOM Penny Lukito juga mengungkapkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 Sinovac baru bisa diterbitkan tahun depan. Hal ini berkaitan dengan data-data yang harus dilengkapi. Adapun PT Bio Farma selaku pihak yang bekerja sama dengan Sinovac untuk uji klinis vaksin fase akhir di Indonesia menargetkan vaksinasi akan dilakukan pada awal tahun depan.

Source:
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201207085630-199-578754/mengenal-vaksin-Covid-19-sinovac-china-yang-tiba-di-indonesia
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20201207104036-37-207301/12-juta-vaksin-corona-sinovac-tiba-di-ri-seberapa-ampuh
https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/08/110300765/mengenal-vaksin-sinovac-yang-telah-tiba-di-indonesia?page=all
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5284455/vaksin-Covid-19-sinovac-tiba-di-ri-siapa-yang-pertama-divaksin

Posted By vaksinuntukkita

Artikel terkait

  • Vaksin  AyoVaksin  

    Sama-sama kita berbagi informasi yang saling membuka mata tentang #VaksinUntukKita.

  • vaksin Covid-19  pandemi Covid-19  Jokowi  

    Berbagai persiapan saat ini tengah dilakukan pemerintah supaya masyarakat bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dalam waktu dekat. Persiapan-persiapan itu di antaranya meliputi penyediaan tenaga medis handal dan pembuatan sistem satu data terintegrasi supaya vaksin Covid-19 bisa didistribusikan dengan lancer serta tepat sasaran.

  • vaksin covid-19  Presiden Jokowi  Sinovac  

    Dilansir di laman cnbcindonesia.com, Presiden juga mengatakan selain vaksin dalam bentuk jadi, akan juga tiba 45 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma.

  • vaksin covid-19  vaksinasi  imunisasi  

    Dilansir di laman Galamedia menjelaskan, peran vaksin dalam kehidupan manusia tak main-main. Vaksin bisa melindungi kita terhadap lebih dari 25 penyakit yang melemahkan atau mengancam jiwa. Mulai dari campak, polio, tetanus, difteri, meningitis, influenza, tetanus, tifus, dan kanker serviks.

  • vaksin covid-19  pandemi  sekolah online  

    Pemerintah hanya mengizinkan sekolah di dalam wilayah dengan penyebaran Covid-19 yang rendah untuk bisa kembali menggelar pembelajaran tatap muka dengan syarat tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

  • Bukan hanya Indonesia, hampir semua negara kini tengah mempersiapkan proses vaksinasi agar publik dapat mendapatkan akses terbaik secara transparan dan terukur.