Artikel

Tahapan-tahapan pengembangan vaksin, Indonesia di tahap mana?

Tahapan-tahapan pengembangan vaksin, Indonesia di tahap mana?

Ada beberapa tahap yang harus dilewati sebelum suatu vaksin bisa digunakan secara luas.
Thursday, 10 December 2020 18:30
vaksin covid-19  Penanganan COVID-19  

Pandemi virus Covid-19 telah menyoroti pentingnya imunisasi bagi dunia modern kita, tetapi jalan menuju vaksinasi yang universal bukanlah perkara sederhana dan tanpa biaya

Petugas kesehatan di setiap wilayah negara berjuang untuk merawat orang yang sudah terinfeksi. Sementara para ilmuwan berusaha membuat vaksin untuk mencegah penyakit ini semakin menginfeksi banyak orang di masa depan.

Dalam pengembangannya sendiri, vaksin membutuhkan waktu yang lama dan harus melalui berbagai tahap hingga bisa didistribusikan secara massal.

Tahap Eksplorasi

Tahapan ini berfokus pada penelitian dasar. Adapun Covid-19 merupakan infeksi yang baru dan saat ini para ahli dan ilmuwan di dunia sedang melakukan riset untuk mencoba mengenali karakteristik virus penyebab Covid-19 yang digunakan sebagai dasar pengembangan vaksin.

Pada tahap ini, ilmuwan fokus meneliti virus, sel-sel yang terkait virus tersebut, serta sel-sel yang diinfeksi virus ini dan diperbanyak. Tujuannya untuk melihat sel-sel yang diperbanyak dan bagaimana reaksinya untuk kemudian diekstrak virusnya dalam jumlah lebih banyak.

Tahap Uji Praklinik

Tahap kedua adalah Uji Praklinik. Para ilmuwan menguji vaksin baru pada sel dan kemudian memberikannya ke hewan seperti tikus atau monyet untuk melihat apakah vaksin tersebut dapat menghasilkan respons imun. Itu sering disebut studi envitro dan envivo. Tentunya uji praklinik bertujuan untuk memastikan vaksin ini aman apabila diujikan pada manusia.

Tahap Uji Klinik

Tahap ini memiliki tiga fase. Fase satu memastikan keamanan dosis pada manusia serta menilai farmakokinetik dan farmakodinamik. Untuk menentukan dosis aman pada manusia.

Fase dua melakukan studi pada manusia biasa dengan jumlah sampel 100 sampai 500 orang. Studi ini ingin memastikan dan menilai keamanan pada manusia dapat tercapai dan menilai efektivitas serta menentukan rentan dosis optimal dan frekuensi pemberian dosis paling optimal dan efek samping jangka pendek.

Setelah lolos uji klinis masuk fase tiga dengan uji sampel 1.000 orang sampai 5.000 orang untuk memastikan keamanan, efektivitas, keuntungan yang melebihi risiko penggunaan pada populasi yang lebih besar. Biasanya kelompok relawan dibagi menjadi dua, yakni kelompok penerima vaksin dan kelompok plasebo.

Selain itu, uji coba fase 3 dapat mengungkap efek samping yang relatif jarang ditemukan atau mungkin terlewat dalam penelitian sebelumnya. Apabila uji klinis fase tiga ini tuntas dan hasil memuaskan maka akan masuk fase persetujuan.

Tahap Persetujuan

Pada tahap ini, regulator di setiap negara meninjau hasil uji coba dan memutuskan apakah akan menyetujui vaksin atau tidak. Selama pandemi, vaksin dapat menerima otorisasi penggunaan darurat sebelum mendapat persetujuan resmi. Setelah vaksin dilisensi, peneliti akan terus memantau orang yang telah menerima vaksin sebelumnya untuk memastikan keamanan dan keefektifannya.

Seperti diketahui tahapan vaksin COVID-19 di Indonesia saat ini sudah memasuki uji klinis fase tiga sehingga tinggal satu tahap lagi untuk sampai pada tahap produksi secara massal.

"Kita pastikan mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM) semua proses uji ini sudah berjalan dengan baik maka bisa masuk ke dalam proses persetujuan yang dilanjutkan dengan pembuatan vaksin dalam jumlah besar," papar Prof. Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual "Perkembangan Penanganan COVID-19 dan Tanya Jawab Media" di Media Center Satgas Penanganan COVID-19 Graha BNPB Jakarta pada Kamis (22/10) sore.

Tidak berhenti di situ, setelah pengenalan vaksin, pemantauan ketat terus dilakukan untuk mendeteksi setiap efek samping merugikan yang tidak terduga. Serta menilai lebih lanjut efektivitas dalam pengaturan penggunaan rutin pada lebih banyak orang untuk terus menilai cara terbaik menggunakan vaksin demi dampak perlindungan terbaik.

Source
https://www.kompas.com/sains/read/2020/09/02/120200023/berburu-dengan-waktu-ini-7-tahapan-pengembangan-vaksin-covid-19?page=all
https://www.thejakartapost.com/life/2020/10/25/stages-of-covid-19-vaccine-development-where-do-we-stand.html

Posted By vaksinuntukkita

Artikel terkait

  • Vaksin  AyoVaksin  

    Sama-sama kita berbagi informasi yang saling membuka mata tentang #VaksinUntukKita.

  • vaksin Covid-19  pandemi Covid-19  Jokowi  

    Berbagai persiapan saat ini tengah dilakukan pemerintah supaya masyarakat bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dalam waktu dekat. Persiapan-persiapan itu di antaranya meliputi penyediaan tenaga medis handal dan pembuatan sistem satu data terintegrasi supaya vaksin Covid-19 bisa didistribusikan dengan lancer serta tepat sasaran.

  • vaksin covid-19  Presiden Jokowi  Sinovac  

    Dilansir di laman cnbcindonesia.com, Presiden juga mengatakan selain vaksin dalam bentuk jadi, akan juga tiba 45 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma.

  • vaksin covid-19  vaksinasi  imunisasi  

    Dilansir di laman Galamedia menjelaskan, peran vaksin dalam kehidupan manusia tak main-main. Vaksin bisa melindungi kita terhadap lebih dari 25 penyakit yang melemahkan atau mengancam jiwa. Mulai dari campak, polio, tetanus, difteri, meningitis, influenza, tetanus, tifus, dan kanker serviks.

  • vaksin covid-19  pandemi  sekolah online  

    Pemerintah hanya mengizinkan sekolah di dalam wilayah dengan penyebaran Covid-19 yang rendah untuk bisa kembali menggelar pembelajaran tatap muka dengan syarat tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

  • Bukan hanya Indonesia, hampir semua negara kini tengah mempersiapkan proses vaksinasi agar publik dapat mendapatkan akses terbaik secara transparan dan terukur.