Artikel

Vaksin Tiba, Kerinduan akan Beberapa Hal Ini Bisa Kembali Dilakukan

Vaksin Tiba, Kerinduan akan Beberapa Hal Ini Bisa Kembali Dilakukan

Saturday, 02 January 2021 23:47
vaksin Covid-19  pandemi Covid-19  Jokowi  

Kabar gembira untuk kita semua! Beberapa hari yang lalu, jutaan dosis vaksin Covid-19 atau virus corona telah tiba di Indonesia. Hal tersebut bahkan dikonfirmasi langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui cuitan di akun Twitter-nya @jokowi.

Dalam cuitannya tersebut, Jokowi menyebutkan ada sekitar 1,2 juta dosis vaksin buatan Sinovac yang sudah tiba di Indonesia. Kemudian sekitar 1,8 juta dosis lagi rencananya akan tiba pada bulan depan. Total, pemerintah memesan 3 juta dosis vaksin Sinovac yang harapannya dalam waktu dekat bisa segera didistribusikan ke masyarakat.

Walaupun sudah ada di Indonesia, kita masih harus bersabar untuk bisa mendapatkan vaksin Covid-19 ini karena ada tahapan-tahapan yang ketat dari BPOM. Ini tentunya untuk menjamin kesehatan dan juga keselamatan masyarakat yang akan divaksin nantinya.

Berbagai persiapan saat ini tengah dilakukan pemerintah supaya masyarakat bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dalam waktu dekat. Persiapan-persiapan itu di antaranya meliputi penyediaan tenaga medis handal dan pembuatan sistem satu data terintegrasi supaya vaksin Covid-19 bisa didistribusikan dengan lanca serta tepat sasaran.

Nah, selagi pemerintah menyiapkan hal-hal tersebut, kita sebagai masyarakat juga harus bersiap menerima vaksin Covid-19. Caranya bagaimana? Pertama adalah dengan mendapatkan informasi yang akurat tentang vaksin dan kedua mempersiapkan diri agar tidak khawatir dengan efek samping dari vaksin yang hanya sementara dan tidak membahayakan.

Persiapan lain tentunya adalah dengan tetap menjaga budaya 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak). Upaya disiplin 3M dalam menjalankan setiap aktivitas di tengah pandemi saat ini menjadi salah satu cara ampuh untuk terhindar dari penularan Covid-19.

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah dengan mengingat besarnya biaya yang harus kita keluarkan apabila kita terinfeksi Covid-19. Kalau dihitung-hitung, biaya perawatan yang harus dikeluarkan ketika kita terinfeksi Covid-19 sangatlah besar, sampai-sampai bisa membuat kita pusing tujuh keliling.

Rata-rata biaya perawatan yang diperlukan adalah sekitar Rp184 juta per orangnya. Alih-alih untuk biaya perawatan, uang sebesar itu tentunya lebih baik kita gunakan untuk keperluan lainnya bukan? Maka dari itu, menjaga diri sendiri dan keluarga dengan disiplin 3M sebaiknya terus dilakukan ya!

Kedatangan vaksin dan upaya pemerintah dalam mempercepat proses vaksinasi telah memberikan sedikit kelegaan bagi masyarakat, termasuk kita. Dengan adanya vaksin ini, harapan kita untuk bisa beraktivitas secara normal seperti sebelum pandemi Covid-19 kembali muncul.

Tentunya kita rindu melakukan beberapa hal yang biasanya dengan mudah bisa dilakukan sebelum pandemi Covid-19 menyerang dunia. Beberapa hal itu di antaranya berkumpul dan bertatap muka dengan teman dan keluarga, menonton konser secara langsung, menonton pertandingan olahraga langsung di stadion, menonton di bioskop tanpa jarak, berwisata dalam dan luar negeri, serta banyak lagi.

Bersamaan dengan itu, kita juga tetap bisa menjalankan hobi-hobi yang secara kebetulan muncul saat pandemi Covid-19. Beberapa hobi ini bahkan memberikan dampak baik bagi kesehatan fisik dan mental kita. Hobi tersebut di antaranya bersepeda, berolahraga di rumah, mendekorasi rumah, memasak, dan juga berkebun.

Hobi-hobi tersebut muncul lantaran selama pandemi kita ‘dipaksa’ untuk tetap di rumah demi menghindari penularan Covid-19 yang begitu masif sejak awal 2020. Nah, menjelang akhir tahun ini tidak ada salahnya kalau kita membuat resolusi agar distribusi vaksin Covid-19 bisa segara dilakukan dengan baik dan merata sehingga kekhawatiran terhadap Covid-19 bisa perlahan menghilang dan kita bisa beraktivitas seperti biasa sebelum kehadiran Covid-19.

Source
https://covid19.go.id/berita/vaksin-3m-dan-hidup-sehat-jurus-menyelesaikan-pandemi-covid-19
https://www.trenasia.com/sejumlah-hobi-baru-ini-muncul-selama-pandemi/
https://wolipop.detik.com/home/d-5179388/3-hobi-paling-populer-selama-pandemi-menurut-survei
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201201095317-25-576459/pemerintah-pastikan-kesiapan-distribusi-vaksin-covid-19

Posted By vaksinuntukkita

Artikel terkait

  • Vaksin  AyoVaksin  

    Sama-sama kita berbagi informasi yang saling membuka mata tentang #VaksinUntukKita.

  • vaksin Covid-19  pandemi Covid-19  Jokowi  

    Berbagai persiapan saat ini tengah dilakukan pemerintah supaya masyarakat bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dalam waktu dekat. Persiapan-persiapan itu di antaranya meliputi penyediaan tenaga medis handal dan pembuatan sistem satu data terintegrasi supaya vaksin Covid-19 bisa didistribusikan dengan lancer serta tepat sasaran.

  • vaksin covid-19  Presiden Jokowi  Sinovac  

    Dilansir di laman cnbcindonesia.com, Presiden juga mengatakan selain vaksin dalam bentuk jadi, akan juga tiba 45 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma.

  • vaksin covid-19  vaksinasi  imunisasi  

    Dilansir di laman Galamedia menjelaskan, peran vaksin dalam kehidupan manusia tak main-main. Vaksin bisa melindungi kita terhadap lebih dari 25 penyakit yang melemahkan atau mengancam jiwa. Mulai dari campak, polio, tetanus, difteri, meningitis, influenza, tetanus, tifus, dan kanker serviks.

  • vaksin covid-19  pandemi  sekolah online  

    Pemerintah hanya mengizinkan sekolah di dalam wilayah dengan penyebaran Covid-19 yang rendah untuk bisa kembali menggelar pembelajaran tatap muka dengan syarat tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

  • Bukan hanya Indonesia, hampir semua negara kini tengah mempersiapkan proses vaksinasi agar publik dapat mendapatkan akses terbaik secara transparan dan terukur.