Artikel

Yuk! Ketahui lebih dalam cara pembuatan vaksin

Yuk! Ketahui lebih dalam cara pembuatan vaksin

Vaksin dibuat menggunakan virus penyebab penyakit atau bakteri, tetapi dalam bentuk yang tidak akan membahayakan
Friday, 11 December 2020 12:58
vaksin Covid-19  kandungan vaksin  

Dunia berharap vaksin Covid-19 yang aman dan efektif akan segera tersedia. Sejauh ini, ada lebih dari seratus vaksin dalam pengembangan praklinis oleh perusahaan farmasi, institusi akademik, lembaga pemerintah, dan lainnya yang sedang dilacak oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sebagai masyarakat yang menjadi target utama dari pengembangan vaksin ini, wajar jika kita ingin tahu lebih jauh mengenai cara pembuatan serta apa saja kandungan yang ada di dalam vaksin.

Apa saja sih kandungan vaksin?

Semua bahan vaksin memainkan peran penting dalam memastikan suatu vaksin aman dan efektif. Beberapa di antaranya termasuk:

Antigen. Ini adalah bentuk virus atau bakteri yang terbunuh atau dilemahkan, yang melatih tubuh kita untuk mengenali dan melawan penyakit jika kita menemuinya di masa mendatang. Dengan kata lain Antigen ini dapat merangsang terbentuknya imunitas.

Adjuvan, yang membantu meningkatkan respon imun kita. Ini berarti mereka membantu vaksin bekerja lebih baik.

Adjuvan telah digunakan selama beberapa dekade untuk meningkatkan respon kekebalan terhadap antigen vaksin terutama vaksin yang diinaktivasi. Pada vaksin konvensional penambahan adjuvan ke dalam formulasi vaksin dimaksudkan untuk merangsang, meningkatkan dan memperpanjang respons kekebalan spesifik terhadap antigen vaksin.

Vaksin-vaksin yang lebih baru yang dibuat dengan purifikasi subunit atau vaksin sintetik yang dibuat menggunakan biosintetik, rekombinan, dan teknologi modern mengandung lebih sedikit antigen sehingga pemakaian adjuvan menjadi lebih diperlukan untuk mendapatkan respon kekebalan yang diinginkan.

Antibiotik (dalam jumlah yang sedikit) dipakai dalam proses pembuatan vaksin, dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri pada kultur sel dimana virus sedang dikembangbiakkan. Biasanya kadar antibiotika yang terdeteksi dalam vaksin sangat rendah, misalnya pada vaksin MMR dan IPV, hanya ada 25µgr neomycin untuk setiap dosis vaksin (< 0, 000025 gr). Orang yang alergi terhadap neomycin harus dipantau secara ketat, karena kemungkinan dapat timbul reaksi alergi, sehingga dapat ditangani dengan cepat apabila timbul alergi.

Stabilisator, yang melindungi vaksin selama penyimpanan dan transportasi. Stabilitas sangat penting apabila disimpan dalam sistem rantai dingin yang tidak baik. Instabilitas dapat menyebabkan hilangnya antigenisitas dan menurunkan infeksitas vaksin hidup (LAV).

Pengawet, yang memastikan vaksin tetap efektif.

Bahan-bahan vaksin mungkin terlihat asing jika dicantumkan pada label. Namun, banyak komponen yang digunakan dalam vaksin terjadi secara alami di dalam tubuh, di lingkungan, dan di makanan yang kita makan. Semua bahan dalam vaksin - serta vaksin itu sendiri - diuji dan dipantau secara menyeluruh untuk memastikan keamanannya.

Cara pembuatan vaksin

Dilansir dari immunizeforgood, vaksin dibuat melalui tiga langkah proses, yaitu:

Antigen dihasilkan
Virus tumbuh di sel primer, salah satunya pada telur ayam untuk vaksin influenza.

Antingen diisolasi
Antigen diisolasi dari sel-sel yang akan digunakan untuk membuat vaksin.

Tambahkan adjuvan, stabilisator, dan bahan pengawet

Vaksin yang tidak aktif (inactivated) berisikan virus atau bakteri yang dibuat tidak aktif. Dapat terdiri dari seluruh komponen kuman atau sebagian komponen kuman. Vaksin influenza, rabies, hepatitis A, dan hepatitis B adalah contoh vaksin yang mengandung virus mati. Sementara vaksin yang mengandung bakteri mati misalnya vaksin pertusis (batuk rejan), Hib, kolera, dan meningokokus.

Ketahui lebih dalam seluk beluk mengenai vaksin. Lindungi diri, orang tersayang dan negeri dengan vaksinasi. Dan, bersiap untuk vaksinasi Covid-19!

Source
https://www.liputan6.com/health/read/2540872/bagaimana-vaksin-dibuat
https://in.vaccine-safety-training.org/vaccine-components.html

Posted By vaksinuntukkita

Artikel terkait

  • Vaksin  AyoVaksin  

    Sama-sama kita berbagi informasi yang saling membuka mata tentang #VaksinUntukKita.

  • vaksin Covid-19  pandemi Covid-19  Jokowi  

    Berbagai persiapan saat ini tengah dilakukan pemerintah supaya masyarakat bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dalam waktu dekat. Persiapan-persiapan itu di antaranya meliputi penyediaan tenaga medis handal dan pembuatan sistem satu data terintegrasi supaya vaksin Covid-19 bisa didistribusikan dengan lancer serta tepat sasaran.

  • vaksin covid-19  Presiden Jokowi  Sinovac  

    Dilansir di laman cnbcindonesia.com, Presiden juga mengatakan selain vaksin dalam bentuk jadi, akan juga tiba 45 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma.

  • vaksin covid-19  vaksinasi  imunisasi  

    Dilansir di laman Galamedia menjelaskan, peran vaksin dalam kehidupan manusia tak main-main. Vaksin bisa melindungi kita terhadap lebih dari 25 penyakit yang melemahkan atau mengancam jiwa. Mulai dari campak, polio, tetanus, difteri, meningitis, influenza, tetanus, tifus, dan kanker serviks.

  • vaksin covid-19  pandemi  sekolah online  

    Pemerintah hanya mengizinkan sekolah di dalam wilayah dengan penyebaran Covid-19 yang rendah untuk bisa kembali menggelar pembelajaran tatap muka dengan syarat tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

  • Bukan hanya Indonesia, hampir semua negara kini tengah mempersiapkan proses vaksinasi agar publik dapat mendapatkan akses terbaik secara transparan dan terukur.